Manfaat Jaminan Hari Tua

Jaminan hari tua atau JHT memiliki manfaat uang tunai yang nantinya akan dibayarkan ketika dari peserta tersebut sudah memasuki usia masa pensiun, mengalami cacat total tetap ataupun meninggal dunia. Adanya JHT ini memiliki tujuan untuk memberikan jaminan supaya dari peserta yang nantinya memperoleh uang tunai jika telah memasuki masa pensiun dan lainnya yang memang tidak bisa bekerja lagi di perusahaan yang bersangkutan.

Ketentuan ini sabarnya sudah dimuat di dalam undang-undang Nomor 40 Tahun 2004 yang berhubungan dengan sistem jaminan sosial nasional. Dengan demikian akan membuka peluang untuk memperoleh manfaat dari JHT yang telah diberikan pada pihak peserta tanpa harus menunggu masa usia pensiunnya.

Pihak yang Bisa Daftar Peserta Program Jaminan Hari Tua

Sesuai dengan pasal 4 peraturan pemerintah No 46 tahun 2015 tentang penyelenggaraan program JHT memuat ketentuan untuk pengaturan peserta program JHT yang terdiri dari:

Peserta yang menerima upah bekerja pada pemberi kerja selain dari pihak yang menyelenggarakan negara meliputi:

  • Pekerja pada orang perseorangan
  • Pekerja pada perusahaan
  • Orang asing yang telah bekerja di Indonesia dalam waktu singkat sekitar 6 bulan
  • Peserta bukan penerima upah meliputi
  • Pekerja di luar hubungan kerja ataupun pekerja Mandiri
  • Pemberi kerja
  • Pekerja bukanlah penerima upah selain dari pekerja di luar hubungan kerja ataupun Mandiri.

Manfaat Jaminan Hari Tua dan Cara Klaim Dana Dengan Mudah

Manfaat yang Didapat Dari Jaminan Hari Tua

Pada program yang satu ini ditujukan sebagai pengganti apabila pekerja sudah terputus untuk mendapatkan penghasilan tenaga kerja yang dikarenakan cacat, meninggal ataupun hari tua serta diselenggarakan dengan menggunakan sistem tabungan hari tua. Manfaat dari JHT sendiri yaitu berupa pemberian uang tunai yang besarnya telah setara dengan nilai akumulasi pada keseluruhan iuran yang sudah disetorkan dengan tambahan hasil pengembangan yang tercatat di dalam rekening perorangan peserta yang memiliki ketentuan sebagai berikut:

  • Manfaat JHT akan dibayarkan sekaligus jika dari peserta tersebut sudah mencapai usia 56 tahun, mengalami cacat total tetap, meninggal dunia atau bahkan meninggalkan Indonesia dan tidak akan kembali lagi
  • Di luar dari kondisi yang telah disebutkan untuk pembayaran manfaat jaminan hari tua bisa diberikan sebagian sampai nanti batasan tertentu sesudah masa kepesertaan itu mencapai minimal waktu 10 tahun
  • Dari batasan tersebut paling banyak sekitar 30% dari totalnya saldo JHT yang nantinya akan diperuntukkan pada kepemilikan rumah dengan nilai paling banyak 10% guna memenuhi kebutuhan lain yang sesuai dengan persiapan ketika sudah memasuki masa pensiun. Pada proses pengambilan manfaat JHT ini memiliki ketentuan sampai batasan waktu yang hanya bisa dilakukan dalam satu kali selama sudah menjadi kepesertaan.

Kelengkapan Persyaratan Dokumen untuk Mengklaim JHT

Sebelum kamu memutuskan untuk mencairkan klaim JHT tentunya harus mengetahui apa saja persyaratan dokumen yang harus dilengkapi sebagai peserta JHT. Adapun untuk beberapa kelengkapan dokumen yang harus disiapkan terlebih dahulu guna mencairkan JHT sebagai berikut:

  • Kartu peserta dari BPJS ketenagakerjaan
  • Kartu keluarga
  • Kartu tanda penduduk
  • Surat keterangan berhenti bekerja atau surat keterangan habis kontrak
  • Bukti buku rekening yang memuat nomor rekening dan masih aktif digunakan sampai saat ini
  • Foto diri terbaru tampak depan
  • NPWP sebagai manfaat JHT dengan mengakumulasi saldo di atas 50 juta.

Lihat Juga Cara Bayar Tagihan dari Singapura

Cara untuk Mengklaim JHT

Pada proses untuk mengklaim jaminan hari tua dapat dilakukan secara online ataupun bisa langsung datang ke kantor BPJS ketenagakerjaan yang berdekatan dengan domisili kamu saat ini. Berikut inilah beberapa langkah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengklaim JHT melalui online dan di kantor cabang terdekat:

Cara Mengklaim JHT Melalui Online

  • Langkah pertama yang harus dilakukan bisa mengunjungi laman resmi dari BPJS ketenagakerjaan di lapakasik.bpjsketenagakerjaan.go.if
  • Pada langkah berikutnya silahkan melakukan pengisian data diri yang diminta oleh sistem website tersebut
  • Setelah itu kamu akan diminta untuk melakukan upload semua kelengkapan persyaratan dokumen serta foto yang sudah dimiliki dengan ukuran maksimalnya 6 MB
  • Selanjutnya kamu bisa melakukan konfirmasi pengajuan untuk memproses klaim JHT melalui BPJS ketenagakerjaan
  • Pada tahapan ini kamu akan memperoleh jadwal untuk melakukan wawancara secara online supaya proses klaim JHT menjadi lebih mudah
  • Dalam hal ini peserta akan dihubungi langsung oleh pihak petugas untuk melakukan verifikasi data melalui wawancara yang dilakukan via video call
  • Apabila prosesnya sudah selesai maka untuk saldo JHT tersebut akan dikirimkan ke nomor rekening yang sesuai dengan dari bukti dokumen persyaratan sebelumnya.

Baca juga artikel lainnya di Blog Transfez

Pilihan Tabungan Pendidikan Anak yang Menguntungkan
Pentingnya Tabungan Pendidikan Anak
Rekomendasi Bank Dengan Layanan Tabungan Anak Sekolahan
Apa Itu Tabungan Anak BRI, Jenis dan Keuntungannya

Cara Untuk Mengklaim JHT di Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Terdekat

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan ketika ingin mengklaim JHT di kantor cabang BPJS ketenagakerjaan terdekat maka silahkan menyiapkan dokumen terlebih dahulu yang dibutuhkan pada proses pencairan dana
  • Apabila sudah melengkapi semua dokumen persyaratan maka bisa langsung datang ke kantor cabang BPJS ketenagakerjaan di domisili kamu
  • Pada saat sudah tiba di kantor cabang BPJS kamu akan diminta untuk melakukan pengisian data secara lengkap dan benar di bagian kolom yang sudah disediakan pada formulir
  • Setelah itu kamu akan diarahkan  untuk melakukan pengunggahan dokumen sebagai persyaratan untuk melakukan pengajuan klaim atas JHT yang dimilikinya
  • Kemudian kamu akan memperoleh notifikasi atas pengajuan klaim JHT yang kamu lakukan sebelumnya
  • Apabila kamu mendapatkan notifikasi pengajuan maka bisa memperlihatkan notifikasi tersebut pada pihak petugas untuk memperoleh nomor antrian
  • Lalu silakan kamu menunggu beberapa saat sampai nantinya akan dipanggil untuk melakukan kegiatan wawancara pada petugas BPJS ketenagakerjaan
  • Setelah kamu sudah berhasil dalam melakukan verifikasi dari wawancara yang dilakukan tersebut maka juga akan menerima tanda terima dari klaim jaminan hari tua yang diajukan tersebut
  • Tunggulah beberapa saat sampai saldo dari JHT tersebut bisa masuk ke rekening milik kamu.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikianlah beberapa uraian terkait cara untuk mengklaim jaminan hari tua sebagai pekerja yang memang sudah tidak bekerja di perusahaan yang bersangkutan. Dalam proses klaim JHT ini harus memenuhi persyaratan yang berlaku guna melengkapi dokumen yang dibutuhkan.