Strategi Pemasaran UMKM Agar Mampu Bersaing dengan Kompetitor

Apa yang kamu tahu tentang strategi pemasaran UMKM? Istilah dari UMKM sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat Indonesia, mengingat di masa pandemi jumlahnya kian meningkat. Dengan meningkatnya jumlah UMKM, membuat pelaku usaha harus membuat strategi pemasaran yang tepat dan berbeda dari kompetitor.

Jika tidak maka akan sulit bagi kamu sebagai pelaku usaha untuk mengembangkan UMKM dan akan kalah saing dengan kompetitor. Maka wajib bagi pelaku usaha untuk menguasai teknik pemasaran yang jitu dan mampu meningkatkan penjualan lebih banyak lagi.

Daftar Strategi Pemasaran UMKM

Strategi Pemasaran UMKM Agar Mampu Bersaing dengan Kompetitor

Di dalam menjalankan usaha tentunya akan mempertimbangkan untung dan rugi atas produk yang sedang dijual. Untuk meningkatkan keuntungan dalam usaha maka penting sekali menggunakan strategi khusus.

Inilah beberapa strategi yang dapat kamu gunakan untuk memasarkan produk:

1. Menyajikan produk menarik

Setiap memikirkan akan terjun untuk menjalankan usaha rumahan yang bergerak pada bidang UMKM. Maka penting bagi kamu menentukan produk yang nantinya akan kamu jual dan bisa menarik perhatian para konsumen.

Tidak cukup dengan hanya mempunyai produk menarik namun produk yang kamu buat harus bermanfaat dan tampak unik. Sehingga kemungkinan produk laris di pasaran akan jauh lebih besar dan bisa menjadi penghasilan menjanjikan.

2. Memahami penentuan target pasar

Membuat strategi pemasaran harus mengacu pada target pasar dari sasaran produk jual kamu. Seorang pelaku bisnis juga penting dalam memikirkan siapa target pasarnya yang mana nanti bisa mengetahui apa keinginan dari para konsumen tersebut.

Target pasar bisa dari jenis kelamin ataupun usia yang kemungkinan besar akan membeli produk jual kamu dan meningkatkan pendapatan. Maka dari itu pelajari terlebih dahulu target pasar dan menentukan jenis produk untuk di jual nantinya.

3. Membuat kemasan yang unik dan menarik

Pembuatan produk khususnya ditargetkan pada konsumen dengan sasaran anak-anak akan sangat penting membuat kemasan yang unik dan menarik. Tidak hanya anak-anak, pada umumnya konsumen akan lebih tertarik dengan hanya melihat dari segi kemasannya saja.

Penampilan kemasan pada produk memang mempunyai pengaruh yang cukup besar dan menjadi daya pikat tersendiri. Maka dari itu sebagai pelaku usaha sangat penting untuk memikirkan bagaimana cara membuat kemasan yang cukup menarik perhatian bagi konsumen.

4. Melakukan promosi tepat sasaran

Strategi pemasaran yang satu ini memang wajib dilakukan bagi semua orang jika terjun di dunia usaha. Tanpa melakukan promosi maka produk kamu akan tetap berada di etalase rumah dan tidak bergerak sedikit pun karena tidak terjual.

Agar produk yang kamu buat ini terjual maka penting untuk melakukan promosi dan dekat dengan konsumen. Cara promosi ini bisa melalui pemanfaatan teknologi pada peran media sosial guna meningkatkan jumlah konsumen agar mau berbelanja.

5. Tonjolkan kelebihan produk jual

Mempelajari pemasaran pada usaha UMKM memang sangat erat hubungannya dengan kegiatan promosi dan menyediakan produk. Dalam menjual sebuah produk tidak terlepas dari adanya kompetitor yang menjadi pesaing pemasaran produk.

Maka cara terbaik menjual produk agar tetap laku di pasaran dengan membuat produk kamu lebih unggul dari yang lain. Dengan adanya keunggulan ini bisa kamu tonjolkan dan menunjukkan keunikan tersendiri guna membuat konsumen lebih tertarik.

6. Memberikan servis pada konsumen sebagai strategi pemasaran

Banyak yang mengatakan bahwa pembeli adalah raja, hal ini memang benar tanpa adanya pembeli maka jualan kamu tidak akan laris di pasaran. Maksud dari pembeli adalah raja yakni memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen ketika sedang membeli produk ataupun masih sekadar mencari informasi lengkapnya.

Di dunia bisnis melakukan komunikasi secara intens dan aktif dalam menjalin interaksi merupakan hal pokok yang harus dilakukan. Dengan begitu, sebagai pelaku usaha harus bisa membuat konsumen merasa nyaman dan mampu menumbuhkan rasa percaya pada usaha tersebut.

7. Membuka peluang jaringan

Networking tidak akan pernah lepas dari dunia bisnis atau usaha yang memang hal wajib untuk dimiliki oleh pelaku usaha. Dengan mempunyai networking atau jaringan ini bisa membuat kamu melebarkan sayap dalam dunia bisnis dan banyak kemungkinan untuk dikenal oleh banyak orang.

Hal seperti ini memang sangat penting guna meningkatkan kegiatan promosi dalam dunia bisnis. Bahkan dengan kamu mempunyai banyak jaringan maka produk yang dijual akan dikenal dalam lingkup luas, selain itu bisa menjangkau konsumen yang lebih jauh.

8. Melakukan pendekatan dengan konsumen

Strategi pemasaran dalam menjalankan UMKM yang sangat jitu lainnya yakni melakukan pendapatan dengan konsumen. Hal ini juga berkaitan dengan sistem promosi yang harus memperhatikan dan mempelajari karakter dari setiap konsumen.

Dari perbedaan banyak karakter ini kamu bisa melakukan pendekatan secara intens seperti teman dekat. Pendekatan itu bisa membuat konsumen merasa nyaman ketika akan mengunjungi store kamu dan terdorong untuk memutuskan pembelian produk jual.

9. Membuat website produk

Perkembangan teknologi di era digital memang membawa banyak perubahan khususnya cara untuk mengenalkan dan memasarkan produk jual pada usaha UMKM. Pemasaran dengan menggunakan metode media digital mempunyai peluang yang cukup besar untuk dikenal oleh konsumen di mana tidak dapat dijangkau secara fisik.

Maka dari itu buatlah website dengan penampilan yang cukup menarik agar pengunjung melihat produk jual. Sehingga nantinya akan memutuskan untuk membeli produk jual kamu tersebut.

10. Konsisten dalam menerapkan strategi

Strategi pemasaran memang suatu hal yang sangat utama untuk dilakukan pada dunia bisnis. Maka strategi ini harus kamu lakukan secara rutin dan konsisten yang nantinya bisa menjadi parameter kesuksesan dalan bisnis UMKM kamu.

Jika kamu lakukan secara konsisten bisa menjadikan identitas diri atau brand image yang dikenal oleh banyak orang. Bahkan di luar kepala, brand yang kamu jual ini bisa dengan mudah dikenal oleh konsumen.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Demikianlah beberapa penjabaran mengenai strategi pemasaran dalam dunia bisnis UMKM. Mengingat kompetitor yang cukup banyak, penting membuat keunggulan pada produk.